Cara Cek Izin Travel Umroh di Kemenag RI



Hampir semua muslim rasanya ingin ke Baitullah, entah itu dengan berhaji atau menunaikan ibadah umroh. Namun, kadang niat baik itu justru dimanfaatkan oleh biro umroh atau oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, tiap calon jamaah, baik yang baru pertama kali atau yang telah pernah ke tanah suci perlu mengetahui apakah biro umroh yang dipilih memiliki izin resmi dari Kemeterian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Jika sebuah biro umroh terdaftar resmi di kementerian agama, artinya biro penyelenggara umroh tersebut memiliki kredibilitas dan kecil kemungkinan melakukan tindakan yang merugikan jamaah. Mengapa ? Karena untuk mendapatkan izin penyelenggaraan umroh syaratnya cukup berat. Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 396 Tahun 2003, kemudian Keputusan Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji Nomor D/348 Tahun 2003 serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2012, syarat mendapatkan untuk menjadi biro umroh adalah :
  • Telah memperoleh izin sebagai biro perjalanan wisata dari kementerian/instansi di bidang pariwisata.
  • Biro umroh yang bersangkutan telah beroperasi paling tidak 2 (dua) tahun.
  • Memiliki kemampuan teknis untuk menyelenggarakan perjalanan ibadah umroh yang meliputi kemampuan sumber daya manusia, manajemen, serta sarana dan prasarana.
  • Memiliki kemampuan keuangan untuk menyelenggarakan ibadahan umroh yang dibuktikan dengan jaminan bank (bank guarantee).
  • Memiliki mitra biro umroh penyelenggara umroh di Arab Saudi yang memiliki izin resmi dari Pemerintah Arab Saudi.
  • Memiliki komitmen untuk menyelenggarakan perjalanan ibadah umroh sesuai dengan standar pelayanan minimum yang ditetepkan kementerian agama.
Dari syarat tersebut di atas, dapat kita lihat untuk menjadi biro penyelenggara perjalanan umroh resmi tidaklah mudah. Maka bagi biro umroh “abal-abal” alias “bodong” dipastikan akan kesulitan memenuhi syarat ini. Apalagi penyelenggara umroh berizin resmi ini secara berkala dievaluasi kualitas pelayanannya oleh kementerian agama.

Cara Cek Travel Umroh Berizin Resmi di Kemenag RI

Lantas bagaimana cara mengetahui atau cek biro umroh berizin resmi dari kementerian agama ? Langkahnya sederhana, berikut langkah cek biro umroh berizin resmi atau tidak.

Pertama, masuk ke web database resmi kementerian agama di alamat http://haji.kemenag.go.id/v3/basisdata/daftar-ppiu. Pertama kali masuk ke laman web, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut,


Kedua, ketikkan PT penyelenggara umroh yang anda ingin ketahui di kolom pencarian. Perlu diingat bahwa penulisan nama PT penyelenggara umroh harus MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL/BESAR.

Namun kadangkala antara nama PT/perusahaan dan brand (merk dagang) tidak semua sama, maka yang di cek adalah nama PT atau perusahaan. Sebagai contoh, Travel Dakwah Wisata, sebuah biro umroh yang terkenal dengan semboyan “Melayani Dengan Hati, Bersama Meraih Ridho Illahi” adalah brand dari PT Holyland Abadi. Jadi, yang harus anda cek adalah “PT Holyland Abadi” bukan “Dakwah Wisata”.

Mari kita cek bersama apakah PT. Holyland Abadi memiliki izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia ? Ketikkan “PT. HOLYLAND ABADI” (tanpa tanda kutip) di kolom pencarian. Seperti gambar dibawah ini.


Ketiga, jika PT penyelenggara umroh tersebut berizin resmi, seperti PT Holyland Abadi. Maka akan tampil penjelasan nama PT dan alamat, seperti gambar di bawah.


Keempat, kami mencoba memasukkan data PT biro umroh yang tidak berizin resmi, Berikut hasilnya.


Pada kolom hasil pencarian, sama sekali tidak muncul data. Ini menandakan PT yang bersangkutan tidaberizin resmi. Ada cara lain selain melaukan cek melalui website adalah dengan menelpon atau datang ke Direktorat Jenderal Penyelengaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, berikut alamat dan kontak Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI,

Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta 10710
Telp. 021-3509177, 021-3509178, 021-3509179, 021-3509180, 021-3509181

Sekedar catatan, meski sangat penting untuk memerhatikan izin resmi biro penyelenggara umroh, karena ini bisa mengurangi risiko kerugian jamaah. Namun, tidka menutup kemungkinan biro penyelenggara umroh yang belum berizin resmi juga bisa menyelenggarakan perjalanan umroh dengan baik dan bertanggung jawab.

Akhirnya, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu calon jamaah umroh dalam memilih biro travel penyedia paket umroh 2018 yang akan digunakan. Kehati-hatian sangat diperlukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Jika anda masih mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah biro umroh berizin resmi atau tidak. Hubungi kami melalui telpon, sms atau WA. Insya Allah kami akan membantu anda.
© 2016 PT Holyland Abadi Supported by: Blogger